Buscar

Páginas

Cara Merawat Hamster Untuk Pemula

Bagi sebagian penting manusia memelihara hewan adalah kebahagiaan tersendiri selain untuk mencari keuntungan , dari sisi lain merawat hewan yang kita sukai juga mempunyai kebahagiaan tersendiri.
Hewan yang akan kita bahas kali ini adalah hamster
Tujuan untuk memelihara: Hamster biasanya sebagai hewan peliharaan. Tetapi ada juga yang mau untuk menernakannya. Umur hamster rata-rata bisa mencapai 2-4 tahun, tergantung perawatan dan jenis. Masa subur hamster dimulai sejak umur sekitar 4-6 bulan. Selama dipelihara hamster bisa melahirkan 6 kali, dengan tiap kelahiran antara 3-15 ekor (rata-rata 6-8 ekor dan untuk roborovski rata-rata 4 ekor). Dengan demikian, dalam satu masa hidupnya, hamster bisa melahirkan kurang lebih 6 x 8 ekor = 48 ekor! Jika kita tidak berniat untuk menjadi peternak. Untuk menghindari perkawinan hamster sebaiknya hanya memelihara hamster dengan jenis kelamin yang sama. Disarankan untuk memelihara jantan karena hamster jantan lebih toleran terhadap sesamanya dan tidak agresif. Spesies Indonesia ada 4 spesies hamster yang umum dipelihara, yaitu hamster siria (Mesocricetus auratus), hamster champbell (Phodopus champbelli), hamster winter white (Phodopus sungorus), dan hamster roborovski (Phodopus roborovskii).
Hewan yang paling banyak di gemari untuk di pelihara adalah hewan bertubuh kecil,imut,dan lucu.selain menjaga kebersihan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan adalah:
 Pertama pastinya kamu memilih kandang  hamster yang besar. Agar hamster bisa bergerak bebas lebih leluasa. Kandangnya bisa dari aquarium kotak persegi panjang, dan bisa yang ada petshonya.
 Kedua sediakan pasir halus/serbuk kayu yang tanpa zat kimia apapun. Ini digunakan untuk alas di kandang hamsternya nanti. Selain sebagai alas, fungsinya juga untuk menyerap kencing agar tidak menggenang. Selain itu juga sebagai alas tidurnya kalau misalnya dia tidak tidur dirumah-rumahannya. Jangan lupa mengganti dengan pasir/serbuk kayu secara berkala. Bisa seminggu sekali, agar kandang tidak bau. Ketebalan bisa dari 2cm sampai 4 cm.
Ketiga
Untuk makanan terbaik hamster adalah makanan-makanan import buatan pabrik. Walaupun begitu Anda juga harus tetap waspada.
Berikutnya adalah hal-hal rutin yang harus Anda kerjakan untuk memelihara hamster dengan baik:
1.Memberi makan hamster sehari 2 kali
2.Mencuci tempat makan setiap kali makanan diganti
3.Mengganti serbuk kayu dan mencuci kandang hamster seminggu sekali
4.Mengisi botol minum setiap kali airnya habis
5.Mencuci botol minum seminggu sekali

 Inilah beberapa tips/cara merawat hamster untuk para pemula semoga berguna.

0 komentar:

Posting Komentar